Styles of Kitchen

Published by

Posted on May 21, 2018

Dapur merupakan bagian yang mempunyai peranan penting dalam hunian, maka desain dapur juga patut untuk diperhatikan agar nyaman dalam penggunaannya. Setiap hunian memiliki gaya yang berbeda sesuai dengan selera penghuninya, begitu juga dengan dapur yang dapat disesuaikan dengan karakter pemakainya. Mengutip dari sebuah buku “Practical Ideas for Kitchen and Bathrooms” ada banyak pilihan gaya untuk desain dapur, namun terdapat tiga gaya utama yang dominan digunakan,yaitu: minimalis, urban, dan rustic.

 

1.Dapur Minimalis

Gaya minimalis memaksimalkan fungsi ruang dengan menghilangkan elemen-elemen yang tidak berguna. Dapur minimalis mempunyai karakter bersih dan simple, serta menerapkan pemilihan material dan perlengkapan seperti kayu dengan sedikit sentuhan besi atau aluminium. Warna yang umum digunakan pada dapur minimalis adalah warna pucat seperi putih dan cream karena dapat membuat dapur terlihat lebih terang dan bersih.

 

 

 

 

 

 

 

2. Dapur Urban

Gaya urban merupakan penyesuaian terhadap kehidupan modern yang mementingkan fungsinonal, kenyamanan, kecepatan, dan praktis. Umumnya dapur urban tidak menggunakan banyak space namun tetap berfungsi maksimal. Desain dapur urban harus bisa mengakomodir berbagai peralatan elektronik yang digunakan membuat proses memasak lebih cepat, namun tetap tampil menarik. Penyesuaian kabinet terhadap benda-benda yang disimpan di dalamnya agar lebih praktis membuat dapur urban memiliki ukuran kabinet yang berbeda-beda. Selain itu, penggunaan material yang tahan lama sangat cocok digunakan untuk gaya urban seperti kayu dan aluminium.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Dapur Rustic

Gaya rustic didominasi oleh furniture gelap sehingga pengaturan layout dan pencahayaan lampu mempunyai peranan penting agar tidak membuat dapur kellihatan kecil. Warna yang dominan diterapkan pada dapur rustic diantaranya adalah hitam, silver, dan coklat/emas. Gaya ini menggunakan kombinasi material yang sesuai dengan budget, umumnya kayu, apakah itu  solid, laminasi, ataupun plywood. Selain itu umumnya digunakan material besi, keramik, dan ubin untuk melengkapi gaya rustic pada perlengkapannya.  Sedangkan untuk dinding biasa dilapis dengan batu atau bata.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dikutip dari:  (Loft, Practical Ideas for Kitchen and Bathrooms , 2007, p.154-176)

 

all image courtesy of: http://chambers-sf.com


About the Author