bangunan minimalis

PENERAPAN KONSEP MINIMALIS PADA BANGUNAN

Published by

Posted on October 16, 2020

Minimalis merupakan salah satu penggayaan dalam perancangan desain suatu ruang maupun suatu bangunan. Sebanarnya apasih minimalis itu? Mari kita bahas

Konsep Minimalis mulai populer pada akhir tahun 1980-an di London dan New York. Awalnya konsep ini dianut oleh beberapa seniman hingga akhirnya merambat ke bidang arsitektur interior.  Arsitektur bangunan minimalis didasari oleh frasa less is more karena desain ini hadir sebagai bentuk respon arsitektur-arsitektur sebelumnya yang dianggap rumit. Arsitek yang berperan besar pada arsitektur rumah minimalis adalah Ludwid Mies van der Rohe dan Le Corbusier.

Ide awal untuk arsitektur rumah minimalis ini salah satunya berasal dari budaya Zen yang ada di Jepang lho! Budaya Zen sendiri identik dengan kesederhanaan. Orang Jepang senang menerapkan budaya tersebut pada estetika dan desain bangunan.

Agar lebih mengerti, mari simak karakteristik desain rumah minimalis berikut ini:

 

1. ARSITEKTUR BANGUNAN GEOMETRI

 

bangunan geometris
www.pinterest.com

Untuk Bangunan rumah minimalis dibuat dalam bentuk geometris yang tegas. Dapat dilihat  secara fisik bahwa bangunan rumah minimalis berbentuk seperti kotak kubus atau balok saja. Akan tetapi bagian   atap rumah minimalis tidak berbentuk segitiga, melainkan datar tanpa tambahan dekorasi atau lekukan-lekukan yang tidak perlu.

 

2. KESEDERHANAAN TATA RUANG

 

www.pinterest.com

Penekanan pada keleluasaan pandangan dalam layout sebuah rumah adalah ciri khas dari denah rumah minimalis. Pada desain Rumah minimalis memiliki tata letak yang sangat sederhana dan efisien. Denah lantainya seringkali terbuka tanpa ada dinding penyekat antar ruangan..

 

3. PENGOPTIMALAN FUNGSI BUKAAN PADA RUANGAN

 

www.pinterest.com

Jendela atau bukaan yang besar pada sebuah ruang dimaksudkan agar udara dan sinar matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah. Dengan begitu, tingkat penghawaan dalam rumah akan selalu terjaga. Selain itu, pencahayaan alami juga mampu memberi penekanan dan nilai estetika lebih pada furnitur yang terpapar cahaya, karena cahaya matahari memiliiki spectrum warna yang lengkap.

 

4. PEMILIHAN WARNA YANG BERSIH

 

www.pinterest.com

Warna putih, hitam, dan abu-abu ini biasanya diterapkan pada bagian dinding, lantai, ceiling, furnitur, dekorasi, bahkan hingga perlalatan makan. Warna monokrom ini membuat rumah minimalis terlihat sederhana, luas, bersih, namun tetap elegan. Sedangkan untuk warna-warna selain monokrom biasanya digunakan hanya sebagai aksen pemanis agar ruang tidak terlalu monoton. jika anda ingin mengetahui lebih jelas tentang pengaruh warna anda bisa baca artikel berikut Pengaruh Warna dan Tips  Aplikasi dalam Interior Hunian.

 

5. MENGGUNAKAN FURNITUR MINIMALIS

 

www.pinterest.com

Untuk bangunan rumah minimalis, furnitur yang digunakan juga perlu menunjang konsep minimalis. Furniture yang digunakan berfokus pada penggunaan perabotan utama yang memang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas di ruangan tersebut. Seperti contoh pada sebuah ruang keluarga hanya akan ada perabot esensial seperti sofa, rak, dan meja.

Dari penjabaran diatas dapat disimpulkkan bahwa konsep minimalis adalah salah satu penggayaan dalam desain interior maupun arsitektur yang membuang hal-hal tidak perlu dalam sebuah desain dan hanya  menggunakan hal-hal yang penting serta hal-hal untuk memenuhi kebutuhan sesuai aktivitasnya, sehingga penggayaan minimalis ini bersifat sederhana dan fungsional.

 


About the Author


ADD A COMMENT

Hubungi Kami
1
Kami Rytama Interiors, ada yang bisa kami bantu ?